Pengertian dan Definisi Belajar Menurut Para Ahli

February 22, 2012

Belajar, mendengar kata belajar mungkin bagi sebagian orang suatu kata yang bisa membuat tangan mereka sepakat menutup kedua belah telinga. "Ari! udah belajar malam ini?" kata sang Ibu yang menginginkan sang buah hati kelak menjadi orang yang berilmu dan terdidik karena tiap malam makan buku pelajaran dan minum tinta pena.


Pengertian dan Definisi Belajar


Definisi Belajar itu sebenarnya apa? membaca buku sepanjang hari? atau menyelesaikan tugas matematika yang njelimet? dari suatu referensi teman saya (skripsi), didalamnya Belajar di Definisikan sebagai suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang baru, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Belajar Menurut Sardiman

Sardiman (2010:20) mendefenisikan belajar sebagai usaha penguasaan materi ilmu pengetahuan yang merupakan sebagian kegiatan menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya. Selanjutnya Slameto (2010:2)  menyatakan dalam bukunya bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Selain itu Sardiman (2010: 20) menyatakan bahwa belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya. 

Pengertian Belajar

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan seseorang yang dapat memberikan perubahan tingkah laku dalam dirinya sebagai hasil dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya

Balajar Menurut Trianto

Lain halnya dengan Trianto (2010:16), proses belajar terjadi melalui banyak cara baik disengaja maupun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dan menuju pada suatu perubahan pada diri pembelajar. 

Perubahan yang dimaksud Trianto disini adalah perubahan perilaku tetap berupa pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan kebiasaan yang baru diperoleh individu. 

Sedangkan pengalaman merupakan interaksi individu dengan lingkungan sebagai sumber belajarnya. Jadi, belajar disini diartikan sebagai proses perubahan perilaku tetap dari belum tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, dari kurang terampil menjadi lebih terampil, dan dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru, serta bermanfaat bagi lingkungan maupun individu itu sendiri.

Bagaimana menurut anda sendiri Definisi dan Pengertian Belajar Itu sendiri? 
Ingin Tulisan Seperti Pengertian dan Definisi Belajar Menurut Para Ahli, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........