3 Tujuan Pembelajaran Kooperatif

March 10, 2012

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya mengenai Model Pembelajaran Kooperatif sebagai salah satu dari Penelitian Tindakan Kelas, bahwa Pada dasarnya pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting yang dirangkum (Ibrahim dkk, dalam Isjoni (2010:27), yaitu sebagai berikut :

3 Tujuan Pembelajaran Kooperatif Menurut Ibrahim Dkk


1. Hasil belajar akademik


Dalam pembelajaran kooperatif meskipun mencakup beragam tujuan sosial, juga memperbaiki prestasi siswa dan tugas-tugas akademis lainnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit. Para pengembang model ini telah menunjukkan, model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar. Disamping mengubah norma yang berhubungan dengan hasil belajar, pembelajaran kooperatif dapat memberi keuntungan, baik pada siswa kelompok bawah maupun kelompok atas yang bekerja sama menyelesaikan tugas-tugas akademik. 

2. Penerimaan terhadap perbedaan individu


Tujuan lain model pembelajaran kooperatif adalah penerimaan secara luas dari orang-orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas sosial, kemampuan dan ketidakmampuannya. Pembelajaran kooperatif memberi peluang bagi siswa dari berbagai latar belakang dan kondisi untuk bekerja dan bergantung pada tugas-tugas akademik dan melalui struktur penghargaan kooperatif akan belajar saling menghargai satu sama lain. 

3. Pengembangan keterampilan sosial


Tujuan penting yang terakhir adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan kerja sama dan kolaborasi. Keterampilan-keterampilan sosial penting dimiliki siswa, sebab saat ini banyak anak muda masih kurang dalam keterampilan sosial.

Selain 3 Tujuan Pembelajaran Kooperatif, model pembelajaran ini juga memiliki 7 Unsur Pembelajaran yang dikemukakan oleh Lungdren, mengenai Unsur Model Kooperatif tersebut sudah kami bahas sebelumnya.
Ingin Tulisan Seperti 3 Tujuan Pembelajaran Kooperatif, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........