Makna Proses Definisi Pembelajaran

March 7, 2012

Pembelajaran menurut Syaiful (2003: 61) merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid. Pembelajaran menurut Trianto (2009: 17) hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Hal yang sama juga dikemukakan Dimyati dan Mudjiono (2006: 297) pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. 

Definisi dan Makna Pembelajaran
Selain itu, menurut Wina (2008: 103) Mengajar dalam konteks standar proses pendidikan tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran, akan tetapi juga dimaknai sebagai proses mengatur lingkungan supaya siswa Belajar, makna mengajar yang demikian sering diistilahkan dengan pembelajaran. Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam proses belajar mengajar siswa harus dijadikan sebagai pusat dari kegiatan yang dimaksudkan untuk membentuk watak, peradaban, dan meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. 

Definisi dan Makna Pembelajaran

Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran merupakan interaksi dua arah dari seorang guru dan peserta didik dengan penyediaan sumber Belajar dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam istilah pembelajaran, bukan berarti memperbesar peranan siswa dan memperkecil peranan guru, melainkan guru harus tetap berperan secara optimal demikian juga halnya dengan siswa. 

Proses Pembelajaran tidak selalu efektif dan efisien, selain itu hasil dari proses belajar tidak selalu optimal. Pembelajaran akan lebih bermakna apabila guru mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat membangun kreatifitas siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan. Proses pembelajaran yang baik dapat dilihat dari berbagai komponen-komponen yang membentuk suatu sistem proses pembelajaran yang saling berinteraksi dan berinterelasi. Wina (2008: 204) menyebutkan komponen-komponen tersebut adalah tujuan, materi pelajaran, metode dan strategi pembelajaran, media, dan evaluasi. Suatu sistem pembelajaran yang saling berinteraksi
Ingin Tulisan Seperti Makna Proses Definisi Pembelajaran, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........