Penelitian Tindakan Kelas | Definisi PTK

March 10, 2012

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) didefenisikan sebagai suatu penelitian tindakan (action research) yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu (kualitas) proses pembelajaran di kelasnya malalui tindakan (treatment) tertentu di dalam suatu siklus (Kunandar, 2008: 45). 

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Beberapa Pengertian Penelitian Tindakan Kelas

Menurut McNiff (1992) dalam Suharsimi (2008: 106) menegaskan bahwa dasar utama bagi dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk perbaikan, tindakan-tindakan yang direncanakan merupakan fokus dari PTK dan juga merupakantindakan alternatif yang direncanakan oleh guru. Tindakan-tindakan ini diimplementasikan dan selanjutnya dievaluasi agar dapat diketahui bahwa tindakan tersebut memang dapat memecahkan masalah yang sedang dialami oleh guru.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut Classroom Action Research (CAR). Menurut Suharsimi (2010:58) PTK adalah suatu penelitian yang dilakukan dikelas dengan tujuan memperbaiki/meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Sedangkan menurut Igak (2002:4) PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. 

Wina (2009:13) Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawab guru khususnya dalam pengelolaan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif, dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata, penelitian merupakan instrumen utama dalam pengumpulan data, proses sama pentingnya dengan produk. Perhatian peneliti diarahkan kepada pemahaman bagaimana berlangsungnya suatu kejadian atau efek dari suatu tindakan (Rochiati dalam Suharsimi, 2008:46).

Demikian beberapa Definisi PTK menurut Ahli pendidikan yang dapat kami kemukakan, cobalah tarik kesimpulan dari pengertian diatas menurut diri anda... 
Ingin Tulisan Seperti Penelitian Tindakan Kelas | Definisi PTK, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

2 komentar:

  1. maksig gan infonya..
    sangat membantu. :)

    ReplyDelete
  2. Ada contoh ptk penggunaan media pembelajaran ngga gan. Thank u

    ReplyDelete

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........