Pengertian RPP | Apa Itu Rpp

October 17, 2011

Sebelumnya saya telah menjelaskan Pengertian Silabus, kali ini saya akan memberikan pengertian RPP atau lengkapnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran itu apa sebenarnya? baiklah,, berikut ini Pengertian Rpp yang dapat saya tuliskan (tentunya diambil dari sumber lain, bukan murni penjelasan saya)..
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam Silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

7 Komponen RPP
  1. Kolom Identitas Mata Pelajaran
  2. Standar Kompetensi
  3. Kompetensi Dasar
  4. Indikator Pencapaian Kompetensi
  5. Tujuan Pembelajaran
  6. Materi Ajar (Materi Pokok)
  7. Materi/Kompetensi Prasyarat
  8. Alokasi Waktu
  9. Metode Pembelajaran
  10. Kegiatan Pembelajaran
  11. Penilaian
  12. Sumber Belaja
Manfaat dari adanya Rpp ini adalah agar pembelajaran yang terjadi di dalam kelas dapat mencapai hasil maksimal, karena segala sesuatu yang telah direncanakan terlebih dahulu akan mendapatkan hasil terbaik.

Pengertian Rpp Diatas saya ambil dari :
Penyusunan Siillabus dan Rencana Pellaksanaan Pembellajaran (RPP) Matematiika SD dalam Rangka Pengembangan KTSP Dicetak oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Tahun 2008, Penulis : Dra. Supinah



Ingin Tulisan Seperti Pengertian RPP | Apa Itu Rpp, info beasiswa, berita lowongan CPNS terbaru langsung masuk ke email anda? Bergabunglah dengan ribuan orang yang telah berlangganan GRATIS hanya di Perangkat Pembelajaran

Artikel Terkait

0 komentar:

Post a Comment

Baca Dulu Sebelum Komentar :
1. Gunakan Anonymous jika tidak mempunyai Blog/Web
2. Gunakan Nama/Url Jika Mempunyai Web/Blog
3. Gunakan Google Account Jika Sobat Blogger Juga
Selamat Menikmati Menu Kami........